Tampilkan Notifikasi Smartphone di Komputer




Tampilkan Notifikasi Smartphone di Komputer
Terkadang saat bekerja ataupun beraktivitas di depan komputer bisa membuat orang lupa akan lingkungan sekitar. Jika anda sering melewatkan pesan berupa SMS, telepon, BBM ataupun notifikasi lainnya, anda bisa memanfaatkan aplikasi Notifier Android. Aplikasi ini akan memindahkan notifikasi anda pada smatphone berbasis Android ke desktop komputer 

Intalasi pada smartphone 

Agar berfungsi, aplikasi Android Notifier harus terpasang pada android dan juga komputer. Untuk android bisa didapatkan melalui Google Play Store dengan mencari aplikasi yang bernama Remote Notifier for Android dikembangkan oleh Rodrigo Damazio yang berkurang 154 Kb.

Instalasi pada komputer

Sedangkan instalasi Aipda komputer anda dapat mengunduhnya melalui tautan : http://code.google.com/p/android-notifier/downloads/list. Dari sini anda bisa memilih sistem operasi yang digunakan, baik untuk sistem 32-bit atau bisa juga 64-bit. Lakukan instalasi seperti biasanya.

Aplikasi pendukung

Untuk sistem operasi Windows, pastikan anda sudah memasang aplikasi pihak ketiga yaitu Java Runtime Environment. Jika belum terpasang silahkan download di sini. Lakukan penginstalan seperti biasanya. Setelah itu baru jalankan aplikasi Android Notifier

Test Koneksi

Pada smartphone, jalankan aplikasi tersebut dan lakukan tes koneksi untuk memastikan aplikasi sudah berfungsi dengan benar. Pada tampilan awal, tekan Send Test notification.

Tampilan di desktop

Jika berhasil maka tampilan pada desktop akan terlihat seperti dibawah ini. Agar koneksi berhasil, pastikan bahwa aplikasi Android Notiifier di komputer telah anda jalankan sebelumnya. Selain itu koneksi internet pada smartphone pasti berada dalam satu jaringan yang sama dengan komputer.
Tampilkan Notifikasi Smartphone di Komputer

Pengaturan di android         
         
Aplikasi ini memiliki beberapa fitur pilihan pengaturan untuk menentukan apa saja yang bakal ditampilkan pada area notifikasi. Bahkan terdapat pula notifikasi untuk mengetahui kondisi baterai, termasuk saat pengisian. Untuk melihatnya, pada menu utama bisa anda pilih Events to notify

Pengaturan di Komputer

Seperti pengaturan pada android, tersedia pula pengaturan pada komputer. Dari sini anda dapat menentukan perilaku aplikasi yang bakal berjalan nantinya. Pada ikon Ray di taskbar, klik kanan dan pilih Preferences. Asyiknya, dari sini anda bisa menentukan untuk menjalankan aplikasi tersebut dari beberapa komputer sekaligus dan menentukan notifikasi yang berbeda pada tiap komputernya.

Pilihan koneksi

Kedua aplikasi yang sudah terpasang bisa saling berhubungan menggunakan koneksi Bluetooth, WIFI dan juga kabel data USB. Untuk koneksi Wifi, pastikan koneksi antara komputer dan smartphone berada dalam satu jaringan. Untuk menentukan anda bisa menekan Notification methods dari smartphone. Bahkan pada pilihan WIFI, anda bisa menentukan alamat IP secara manual melalui pilihan IP/WIFI Option.

Link download 

Data diolah dari berbagai sumber
Dev : Dayu Akbar



Subscribe for latest Apps and Games


0 komentar:

Posting Komentar